My Location: (Showing)
Search
Logo Kuwera.ID
BI Sebut Pertumbuhan Ekonomi 5,06 Persen Tertinggi Sejak 2015 | OJK Minta Keuangan Syariah Manfaatkan Teknologi Digital | Darmin Nasution membeberkan di tengah persoalan ekonomi dunia, masih ada peluang baik seperti ekonomi digital yang justru meningkat pesat. | Indonesia Punya Peluang Besar Ekspor Mobil ke Australia | Saat berbicara usai membuka The 6th ASEAN OSHNET Conference atau Konferensi ASEAN OSHNET Keenam, Kamis (28/3/2019), Hanif menggarisbawahi bahwa  di era pemerintahan Joko Widodo, telah tercipta 10.540.000 lapangan pekerjaan. | Demi memanfaatkan potensi pertumbuhan ekonomi agar lebih maksimal, wajar bagi sebuah negara menarik utang dari dalam maupun luar negeri, kata Faisal Basri dalam orasi kebudayaan kampanye ekonomi 2019 di Soehana Hall, Energy Building, Jakarta Selatan, Kamis, 11 April 2019 |

Temui Nelayan Demak, Menko Darmin Ingin Petani Garam Juga Dapat Perhatian
25 Mar 2019

Temui Nelayan Demak, Menko Darmin Ingin Petani Garam Juga Dapat Perhatian
Dalam waktu dekat, pemerintah akan menyalurkan KUR untuk petani garam rakyat. "Jadi, satu persatu, kita mengusahakan supaya masyarakat bisa terjangkau dengan KUR," kata Menko Darmin saat kunjungan kerja ke Demak, Minggu (24/3/2019).

DEMAK | KUWERA.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan secara panjang lebar seputar Kredit Usaha Rakyat (KUR), dalam acara Penyerahan KUR Perikanan Rakyat di Demak, Jawa Tengah, Minggu (24/3). 

Menurutnya, pemerintah masih terus mengupayakan fasilitas KUR dapat menyentuh usaha mikro dan kecil di berbagai sektor. Setelah diberikan kepada petani padi dan jagung, pemerintah juga akan kembali memberikan KUR untuk peremajaan karet dan kelapa sawit.

Menko Darmin juga membeberkan bahwa tahun lalu pemerintah juga sudah memberikan KUR untuk peternakan sapi.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan menyalurkan KUR untuk petani garam rakyat. "Jadi, satu persatu, kita mengusahakan supaya masyarakat bisa terjangkau dengan KUR," katanya.

Lebih jauh eks Gubernur Bank Indonesia itu juga mengungkapkan bahwa pemerintah pun ingin bisa memberikan perhatian hingga ke petani garam. 

Pasalnya, kata dia, selama ini para petani garam memang menjadi salah satu pihak yang sulit tersentuh oleh pembiayaan karena lembaga pemberi kredit acap mengganggap sektor ini kurang menarik. Namun ia memastikan pemerintah takkan tinggal diam di tengah realitas itu.

Menko Darmin menegaskan ia ingin dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) untuk memfasilitasi pembiayaan melalui KUR untuk para petani garam.

Darmin menegaskan, KUR ditujukan untuk usaha mikro dan kecil yang plafonnya di atas Rp 25 juta. Dengan berbagai kemudahan, ia menilai, KUR memiliki banyak manfaat bagi mereka yang ingin memulai berusaha tapi kebingungan mencari modal awal.

Ia mengajak para pengusaha mikro dan kecil untuk meminjam KUR, asalkan ada usaha yang mampu menghasilkan pendapatan untuk membayar angsuran.

Menurut Darmin, mereka dapat mengangsur berkala dan/atau pembayaran sekaligus saat jatuh tempo sesuai dengan kesepakatan antara penerima KUR dan penyalur KUR sesuai kebutuhan pembiayaan masing-masing penerima.

Selain KUR, Darmin menyebutkan, ada juga fasilitas kredit lain yang menyediakan plafon lebih rendah, yakni Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Program ini ditujukan untuk perempuan yang ingin berjualan sayur ataupun makanan. "Kreditnya sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta," ucapnya.

Di bawah itu, ada program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang memungkinkan pinjaman Rp 1 juta. Menurut Darmin, berbagai fasilitas ini memberikan gambaran bahwa pemerintah sangat perhatian terhadap pentingnya pembiayaan bagi usaha mikro dan kecil.***

Darmin Nasution
Ekonomi Digital
Joko Widodo
Kebijakan Ekonomi
DATA BERITA TERPOPULER
Bahas Infrastruktur, Presiden Jokowi Panggil Tiga Gubernur ke Istana
JAKARTA | KUWERA.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiga gubernur dari berbagai kawasan...
23 Apr 2019
Jelang Ramadan, Presiden Jokowi Kerahkan Petinggi Negara Pastikan Harga Stabil
JAKARTA | KUWERA.ID - Menjelang bulan suci Ramadan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan ...
23 Apr 2019
Industri Melesat, Serap 18 Juta Tenaga Kerja
JAKARTA | KUWERA.ID - Serapan tenaga kerja di sektor industri terus meningkat yakni dari 15,54 juta ...
23 Apr 2019
Investasi Meningkat, Pemerintah Aktif Siapkan SDM Industri Kompeten
JAKARTA | KUWERA.ID - Menghadapi perkembangan industri dan investasi yang meningkat, pemerintah mela...
23 Apr 2019
Harga Terpantau Stabil, Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Resah
GORONTALO | KUWERA.ID - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Goron...
23 Apr 2019
Pastikan Harga Stabil, Kemendag Pantau Harga Kebutuhan Pokok hingga Lebaran
BENGKULU | KUWERA.ID - Menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Perdagangan (Kemendag...
23 Apr 2019
Kementan Sosialisasi Alat Pertanian Modern kepada Pelajar
JAKARTA | KUWERA.ID - Gencarnya Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan berbagai program untuk...
23 Apr 2019
Industri Mainan Anak Produk Indonesia Catat Ekspor Lebih dari USD 319 Juta
JAKARTA | KUWERA.ID - Industri mainan menjadi salah satu sektor manufaktur yang mampu memberikan kon...
22 Apr 2019
Di London, OJK Ajak Investor Inggris Berinvestasi di Pasar Keuangan Indonesia
JAKARTA | KUWERA.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengundang investor Inggris untuk berinvesta...
22 Apr 2019
Industri Penerbangan Berpotensi Serap Tenaga Kerja Perempuan 50 Persen
JAKARTA | KUWERA.ID -- Industri penerbangan internasional mendorong keterlibatan para pere...
22 Apr 2019